Cara Pakai Bedak Tabur untuk Kulit Berjerawat

Bedak tabur merupakan salah satu rangkaian riasan wajah yang sangat umum digunakan. Jika kulit Anda berminyak dan sensitif, sebaiknya pilihlah bedak tabur untuk kulit berjerawat secara khusus.

Setiap produk bedak tabur hadir dengan berbagai macam manfaat. Bedak tabur yang dikhususkan untuk wajah berjerawat memiliki peran untuk mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga bisa mencegah kemunculan jerawat yang semakin parah.

Memakai bedak tabur untuk kulit berjerawat

Kalau Anda ingin hasil akhir pemakaian yang lebih baik, sebaiknya ketahui cara memakai bedak tabur sesuai dengan langkah-langkah berikut:

  • Memilih jenis bedak tabur

Tahukah Anda bahwa setiap produk bedak tabur diformulasikan dengan kandungan yang berbeda-beda? Formulasi ini yang memberikan manfaat tertentu terhadap wajah Anda.

Ada bedak tabur yang memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban. Jenis yang seperti ini cocok untuk pemilik kulit wajah kering, tapi tidak cocok bagi yang kulitnya sudah cukup berminyak.

Karena itu, apabila wajah Anda mudah berjerawat, maka pilihlah bedak tabur untuk kulit berjerawat secara khusus.

  • Dipakai sebagai langkah terakhir make up

Jangan gunakan bedak tabur sebagai lapisan pertama ketika merias wajah. Ini adalah langkah yang keliru dalam memakai bedak.

Pada dasarnya, bedak tabur digunakan untuk menjaga riasan wajah lebih tahan lama dan tidak mudah bergeser karena minyak wajah. Oleh sebab itu, bedak tabur seharusnya dipakai sebagai langkah terakhir ketika make up.

  • Aplikasikan menggunakan brush

Ketika memakai bedak tabur, akan lebih baik bila Anda mengaplikasikannya menggunakan brush. Brush memungkinkan beda agar teraplikasikan dengan lebih merata dan natural, tidak membuat sebagian bedak menumpuk di beberapa sisi wajah tertentu.

Meskipun, biasanya produk bedak tabur untuk kulit berjerawat sudah dilengkapi dengan sponge khusus. Anda tidak harus selalu menggunakan sponge bawaan produk untuk aplikasi ke wajah.

Jika Anda menggunakan brush, sebaiknya pilih brush yang empuk dan lembut agar tidak melukai kulit Anda. 

  • Tidak harus dipakai di seluruh muka

Sebenarnya, bedak tabur tidak harus selalu diaplikasikan ke seluruh muka. Anda cukup memakainya pada area-area kulit yang mudah berminyak, seperti di area T Zone yang meliputi dahi, hidung, dan dagu. 

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan bedak tabur untuk kulit berjerawat di bagian bawah mata. Karena, riasan di area ini juga mudah pudar. 

Jika Anda memiliki kerutan atau garis-garis halus di wajah, Anda juga bisa memudarkannya menggunakan bedak tabur. 

Dampak pemakaian yang berlebihan

Meskipun bedak tabur memiliki banyak manfaat, sebaiknya Anda tetap menjaga agar pemakaiannya tidak berlebihan. Karena, pemakaian yang berlebihan juga akan memberikan efek negatif. 

Ada beberapa dampak buruk jika Anda memakai bedak tabur berlebihan, yaitu:

  • Make up terlihat cakey

Cakey adalah istilah yang menggambarkan kondisi make up yang tampak berlebihan, terlalu tebal, dan dempul. Ini akan membuat riasan tampak kurang alami dan membuat wajah jadi terlihat kurang segar. 

  • Kulit kering

Seluruh bedak tabur pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Akan tetapi, pemakaian yang terlalu banyak lama-kelamaan akan membuat minyak terserap sepenuhnya, sampai menjadikan kulit Anda kering.

Karena efek-efek negatif di atas, sebaiknya hindari menggunakan bedak tabur secara berlebihan. Pilihlah bedak tabur untuk kulit berjerawat, agar Anda bisa merasakan efektivitas yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *