Macam-macam Pemeriksaan di Klinik Laboratorium Kimia Farma Lampung

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama Kimia Farma. Di Lampung, Kimia Farma juga memberikan layanan kesehatan serta pemeriksaan laboratorium di klinik Kimia Farma Lampung.

Klinik ini terleta di lokasi Karang Timur, Bandar Lampung. Ada banyak sekali fasilitas dan layanan medis yang tersedia di klinik ini, berupa layanan laboratorium, apotek, dan lain sebagainya. 

Prosedur medis di Kimia Farma Lampung

Ada banyak sekali prosedur medis yang bisa Anda dapatkan di klinik Kimia Farma ini. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Supaya Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas, berikut ini beberapa layanan medis unggulannya: 

  • Medical Check Up

Medical check up atau pemeriksaan kesehatan biasanya dapat dilakukan secara rutin atau reguler, setidaknya satu tahun sekali. Di klinik Kimia Farma ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk memantau kondisi kesehatan secara reguler.

Pemeriksaan kesehatan biasa tidak harus dilakukan hanya ketika Anda menderita kondisi medis khusus. Pemeriksaan ini bisa juga Anda jalani sebagai upaya pencegahan dari penyakit kronis. 

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang umumnya dilibatkan dalam medical check up reguler, seperti tes tekanan darah, tes diabetes, tes HIV dan hepatitis, massa tubuh, dan lain sebagainya.

  • Tes pendengaran

Perawatan medis unggulan lainnya yang ada di Kimia Farma Lampung adalah tes pendengaran. Tes pendengaran dilakukan guna mengetahui apakah kondisi telinga Anda dalam keadaan sehat atau tidak.

Biasanya, tes pendengaran dianjurkan bagi pasien yang sudah lanjut usia. Karena, penurunan kemampuan pendengaran umumnya terjadi seiring dengan bertambahnya usia, khususnya bagi Anda yang berusia di atas 65 tahun.

Tes pendengaran tidak menyakitkan. Prosedurnya umumnya berlangsung selama kurang lebih 30 menit, dilakukan dengan mendengarkan nada-nada pendek yang dimainkan pada volume serta nada yang berbeda di satu telinga pada satu waktu.

  • Tes tekanan darah

Tes tekanan darah merupakan tes yang cukup umum dilakukan. Hasil dari tes ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Anda bisa melakukan tes tekanan darah di Kimia Farma Lampung apabila dokter mencurigai Anda menderita kondisi tekanan darah tinggi. Fungsinya untuk menentukan upaya pengobatan terhadap kondisi hipertensi serta meminimalisir komplikasi yang serius.

Pemeriksaan tekanan darah biasanya melibatkan tes urin, tes darah, serta tes kadar koleesterol dalam tubuh. Terkadang, tes ini juga perlu dimaksimalkan dengan tes elektrokardiogram atau EKG.

  • Tes kesuburan

Tes kesuburuan dilakukan guna mengetahui seperti apa kondisi kesuburan Anda, sehingga Anda dan pasangan bisa merencanakan program kehamilan dengan lebih komprehensif. Tes ini juga tersedia di klinik laboratorium Kimia Farma. 

Saat melakukan tes kesuburan, Anda akan diminta untuk memberikan informasi mengenai riwayat kesehatan, gaya hidup, konsumsi obat-obatan, kebiasaan olahraga, dan lain sebagainya. 

Tes ini akan melibatkan analisis air mani, tes hormon, tes urin, tes pencitraan, biopsi, serta tes faktor genetik yang mempengaruhi kesuburan. 

Keempat jenis tes yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya prosedur medis yang tersedia di Kimia Farma Lampung. Anda bis amendapatkan informasi lebih lengkap mengenai apa saja prosedur medis yang tersedia dengan menghubungi pihak klinik.

Biasanya, hasil pengujian dari laboratorium bisa Anda bawa ketika akan berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menggunakannya sebagai acuan dalam melakukan diagnosa terhadap kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *