Serba-serbi Skrining Covid-19 di Kimia Farma Magelang

Guna mendukung langkah pemerintah dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19, Kimia Farma Magelang melayani pemeriksaan screening Covid-19. Penyaringan atau skrining Covid-19 merupakan langkah penting dalam mencegah penularan penyakit yang diakibatkan virus corona.

Skrining merupakan tindakan awal yang dilakukan petugas kesehatan terhadap seseorang. Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit khusus rujukan Covid-19, perlu menjalani tes permulaan, atau bisa diperiksa secara umum sesuai dengan keluhan.

Skrining Covid-19 dilakukan oleh petugas medis yang berkompeten sesuai dengan pedoman protokol penanganan Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan. Prosedur ini penting demi keamanan pasien itu sendiri serta orang lain yang berada di sekitarnya, termasuk petugas medis yang menangani.

Dalam melakukan skrining, diperlukan kerja sama dari pasien guna mendapatkan hasil yang akurat. Ketidakjujuran dalam pemberian keterangan akan berakibat fatal karena berpotensi menyebarkan virus corona ke orang-orang yang berinteraksi dengan pasien, khususnya dokter dan perawat.

Bagi kamu yang ingin melakukan skrining Covid-19, utamanya kamu yang berdomisili di Kota Magelang, kamu bisa langsung datang ke Kimia Farma Magelang. Di sana melayani beberapa metode tes covid-19 yang berlaku, seperti:

  • Tes Rapid Anti Bodi

Rapid test antibodi adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dijalankan untuk mendeteksi keberadaan antibodi dalam darah. Ketika terinfeksi corona, tubuh akan menghasilkan antibodi dalam beberapa hari atau pekan kemudian. Rapid test antibodi dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari (finger prick). 

Rapid test antibodi umumnya mendeteksi imunoglobulin G (IgG) dan imunoglobulin M (IgM). Dua jenis antibodi ini terbentuk ketika tubuh terserang infeksi dan banyak ditemukan di dalam darah. IgM merupakan antibodi yang lebih awal diproduksi saat terdapat infeksi. IgG muncul lebih lambat, tetapi bertahan lebih lama dan berfungsi untuk menangkal infeksi yang sama di kemudian hari.

Sebelum melakukan tes rapid anti bodi,  disarankan untuk memberi tahu riwayat kesehatan Anda dan obat apa saja yang sedang dikonsumsi, karena terdapat beberapa obat yang dapat memengaruhi hasil tes. 

Sama seperti di fasilitas kesehatan lainnya, proses tes di Kimia Farma Magelang berlangsung sekira 10-15 menit dan untuk hasil pemeriksaan dapat ditunggu kurang lebih 1 jam. Tes ini memiliki tingkat akurasi yang rendah dalam mendeteksi keberadaan virus corona di dalam tubuh. Oleh karena itu, diagnosis covid-19 umumnya baru dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik dan PCR dari dokter. Sedangkan untuk jadwal tes rapid antibodi ini dibuka setiap hari Senin-Sabtu dari jam 08.00-20.00 WIB.

  • Tes Rapid Antigen

Selain tes rapid antibodi, rapid test antigen juga kerap digunakan sebagai pemeriksaan awal atau skrining covid-19. Rapid test antigen merupaka tes diagnostik cepat covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus covid-19 dengan mengambil sample dari lendir hidung atau tenggorokan melalui proses swab. 

Untuk lama pemeriksaan rapid antigen yakni juga sekitar 10-15 menit dan hasilnya bisa ditunggu. Paling lama hasil sudah diktehaui dalam satu jam. Apabila berminat melakukan skrining tes rapid antigen di Kimia Farma Magelang,  Anda bisa berkunjung pada hari Senin- Sabtu dari pukul 08.00-20.00 WIB. 

  • Tes PCR

Tes PCR merupakan pemeriksaan diagnostik yang dianggap paling akurat untuk memastikan apakah seseorang menderita covid-19 atau tidak. Sample yang diambil saat melakukan tes PCR yaitu menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan yang diambil melalui proses swab. 

Untuk hasil pemeriksaan tes PCR, biasanya seseorang harus menunggu kurang lebih 1 hari. Kamu bisa melakukan tes PCR di Kimia Farma Magelang pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 09.00-12.00 dan 14.00- 16.00.

Apabila kamu berminat melakukan skrining covid-19 di Kimia Farma Magelang, silakan lakukan pendaftaran melalui nomor 089512341928 atau kamu bisa langsung mengunjungi Laboratorium Klinik Kimia Farma Magelang yang terletak di Jl. A. Yani No 109 Kedungsari, Kota Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *