Tips Aman Menggunakan Pore Pack agar tidak Iritasi

Pore pack adalah salah satu produk perawatan kulit yang populer digunakan di dunia skincare. Produk ini dapat digunakan untuk bantu mengangkat komedo di area hidung.

Namun, metode penggunaan produk peel-off seperti pore pack ini disebut-sebut tidak ramah dengan kulit dan justru dapat menimbulkan iritasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan pore pack dengan aman? Simak ulasannya berikut ini sebelum kamu mencoba menggunakannya!

Pore pack sering jadi salah satu cara menghilangkan komedo membandel di hidung yang paling mudah

Cara kerja pore pack

Pore pack bekerja untuk membersihkan pori-pori dari berbagai kotoran yang menumpuk. Mulai dari sel kulit mati, komedo, hingga blackhead. Setiap strips dibuat dengan bahan yang dapat bekerja layaknya “lem” saat bercampur dengan air.

Saat strips menempel pada kulit, ia akan mengeras dan mengikat minyak serta komedo yang ada di pori-pori. Saat dilepas, produk ini akan ikut mengangkat berbagai kotoran tersebut dari kulit.

Produk ini memang dapat bekerja mengangkat komedo, namun efeknya hanya sementara. Sebab komedo dan blackhead biasanya akan muncul beberapa minggu kemudian.

Efektivitas pengangkatan komedo ini juga sangat bergantung dengan proses pemakaian yang tepat. 

Apakah pore pack berbahaya?

Produk yang juga disebut dengan nose strips ini umumnya aman dan tidak menimbulkan kerusakan yang parah pada kulit. Selama penggunaannya tepat.

Efek yang mungkin timbul dari penggunaan produk ini adalah kemerahan dan iritasi. Namun efek ini lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif dan kelainan kulit seperti  rosacea atau psoriasis.

Melansir Avail Dermatology, Craig Craffert dokter kulit sekaligus pendiri Amarte Skincare menyebut bahwa orang-orang yang punya kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan produk ini.

Tips menggunakan nose strips yang aman

Jika kamu tertarik menggunakan produk nose strips untuk mengangkat komedo, simak beberapa tips aman berikut ini:

1. Bersihkan wajah

Sebelum melakukan rangkaian perawatan wajah, sangat penting untuk memastikan tangan dan wajah kamu sudah bersih.

Cucilah wajah dengan sabun muka yang lembut atau gentle. Setelah itu kamu bisa tepuk-tepuk sampai cukup kering. Bisa juga gunakan handuk baru yang masih bersih.

2. Ikuti petunjuk penggunaan dengan teliti

Setiap produk pastinya punya anjuran pemakaian yang berbeda-beda. Jadi sebelum kamu menggunakannya, baca dengan seksama aturan pemakaiannya.

Umumnya langkah-langkah dalam menggunakan nose strips menganjurkan kamu untuk membasahi area hidung lalu menempelkan produknya untuk durasi waktu yang ditentukan.

Ingat, jangan gunakan produk lebih dari durasi waktu yang dianjurkan. Sebab penggunaan produk nose strips yang terlalu lama bisa meningkatkan risiko lapisan atas kulit kamu ikut terangkat.

3. Gunakan pada malam hari

Kenapa lebih baik malam hari? Ini sangat berguna apabila kamu akan melakukan aktivitas luar pada kemudian hari.

Sebab, menggunakan nose strip pada malam hari akan memberikan waktu pada kulit kamu untuk pemulihan atau recovery. 

Setelah proses pengangkatan komedo, kulit akan memulai proses pengembalian minyak alami sehingga tidak terjadi iritasi saat kamu harus terpapar sinar matahari atau menggunakan make up di kemudian hari.

4. Pilihlah produk yang non comedogenic

Non Comedogenic adalah istilah yang digunakan untuk produk-produk yang diformulasikan agar tidak menimbulkan efek penyumbatan pori-pori sehingga komedo tidak muncul.

Label atau keterangan ini biasanya ditulis pada kemasan produk. Jika kamu tidak menemukannya, kamu bisa juga mempelajari setiap bahan atau ingredients dari produk yang kamu beli.

Setelah penggunaan produk nose strips, ada baiknya langsung gunakan pelembab. Pijat lembut area hidung.

Nah itu dia ulasan terkait kegunaan dan cara penggunaan pore pack yang aman agar tidak iritasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan kamu menggunakannya secara rutin ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *